Sabtu, 28 September 2013

7 Ruang Bawah Tanah yang Menakjubkan


1. Gua Sunyaragi


Gua Sunyaragi adalah sebuah gua yang berlokasi di kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon dimana terdapat bangunan mirip candi yang disebut Gua Sunyaragi, atau Taman Air Sunyaragi, kemudian sering disebut sebgaai Tamansari Sunyaragi. Nama "Sunyaragi" berasal dari kata "sunya" yang artinya adalah sepi dan "ragi" yang berarti raga, keduanya adalah bahasa Sanskerta. Tujuan utama didirikannya gua tersebut adalah sebagai tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya.

Kompleks tamansari Sunyaragi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu pesanggrahan dan bangunan gua. Bagian pesanggrahan dilengkapi dengan serambi, ruang tidur, kamar mandi, kamar rias, ruang ibadah dan dikelilingi oleh taman lengkap dengan kolam. Bangunan gua-gua berbentuk gunung-gunungan, dilengkapi terowongan penghubung bawah tanah dan saluran air. Bagian luar kompleks aku bermotif batu karang dan awan. Pintu gerbang luar berbentuk candi bentar dan pintu dalamnya berbentuk paduraksa.

2. Batu Caves


Batu Caves adalah bukit kapur, yang memiliki serangkaian gua dan kuil gua, terletak di distrik Gombak, 13 kilometer (8 mil) utara dari Kuala Lumpur,Malaysia. Ini mengambil nama dari Batu Sungai Batu Sungai atau, yang mengalir melewati bukit. Batu Caves juga merupakan nama desa terdekat.
Gua ini adalah salah satu kuil Hindu diluar India yang paling populer, yang didedikasikan untuk Dewa Murugan. Ini adalah titik fokus Hindu festival Thaipusam di Malaysia.

Untuk mencapai pintu masuk ke Gua Batu anda harus mendaki 272 anak tangga yang terbuat dari batu dan berpapasan dengan monyet-monyet yang berkeliaran bebas. Batu kapur membentuk Batu Caves dikatakan sekitar 400 juta tahun. Beberapa pintu masuk gua digunakan sebagai tempat penampungan oleh masyarakat adat Temuan (sebuah suku Orang Asli).
Pada awal 1860, pemukim Cina mulai menggali untuk pupuk guano patch sayuran mereka. Namun, mereka menjadi terkenal hanya setelah bukit-bukit kapur yang dicatat oleh pemerintah kolonial termasuk Daly dan Syers serta naturalis Amerika, William Hornaday pada tahun 1878.
Batu Caves dipromosikan sebagai tempat ibadah yang didirikan oleh K. Thamboosamy Pillai, seorang pedagang India. Ia terinspirasi oleh vel berbentuk pintu masuk gua utama dan terinspirasi untuk mendedikasikan sebuah kuil untuk Dewa Murugan dalam gua.

3. Waitomo Glow Worm Caves


Waitomo Glow Worm Caves adalah sebuah gua di Waitomo di North Island of New Zealand , yang dikenal karena penduduknya dari glowworms , Arachnocampa Luminosa . glow worms ditemukan secara eksklusif di New Zealand dan sekitar ukuran dari suatu nyamuk rata-rata. Gua ini merupakan bagian dari Waitomo Caves sistem yang mencakup Gua Ruakuri dan Gua Aranui .
Daya tarik ini memiliki modern pusat pengunjung di pintu masuk, sebagian besar dirancang di kayu. Ada wisata terorganisir yang mencakup naik perahu di bawah glowworms.
Nama "Waitomo" berasal dari Māori kata wai , air dan tomo , lubang atau poros. Para Māori lokal orang telah mengetahui tentang gua-gua untuk beberapa waktu sebelum Kepala Māori lokal Tane Tinorau dan surveyor Inggris, Fred Mace, melakukan sebuah eksplorasi yang luas pada tahun 1887. Eksplorasi mereka dilakukan dengan cahaya lilin di rakit masuk ke gua di mana sungai berjalan di bawah tanah.Sekarang ini keluar bagi gua. Ketika mereka memulai perjalanan mereka, mereka datang di Grotto Glowworm dan kagum dengan cahaya kelap-kelip yang datang dari langit-langit. Saat mereka melakukan perjalanan lebih jauh ke dalam gua oleh poling sendiri terhadap tanggul, mereka juga terkejut oleh kapur formasi. Formasi ini mengelilingi mereka dalam segala bentuk dan ukuran.

4. London Dungeon


London Dungeon merupakan daya tarik wisata yang populer di London, yang recreates berbagai berdarah dan mengerikan peristiwa sejarah dalam muram komedi ' tiang gantungan humor gaya ', mencoba untuk membuat mereka menarik bagi khalayak yang lebih muda. Menggunakan campuran dari aktor hidup, efek khusus dan rides.
Membuka tahun 1974, itu awalnya dirancang sebagai lebih museum "sejarah mengerikan", tapi Dungeon telah berkembang menjadi seorang aktor yang dipimpin, pengalaman interaktif. Dungeon ini dioperasikan oleh Merlin Entertainments.

5. Coober Pedy


 

Coober Pedy adalah kota yang sangat kecil, sekitar pertengahan antara Adelaide dan Alice Springs. Hal ini telah menjadi titik persinggahan populer dan tujuan wisata, terutama sejak 1987, ketika penyegelan Stuart Highway selesai.
Atraksi menarik di Coober Pedy termasuk tambang, kuburan, dan gereja-gereja bawah tanah. Pohon pertama terlihat di kota itu dilas bersama-sama dari besi tuaHal ini masih berada di puncak bukit yang menghadap kota.


6. Catacomb Capuchin


Catacomb Capuchin adalah pemakaman catacombs in Palermo, Sicily, southern Italy.  Hari ini mereka memberikan daya tarik wisata agak mengerikan serta catatan sejarah yang luar biasa.
Palermo biara Kapusin outgrew pemakaman aslinya di abad ke-16 dan biarawan mulai menggali kriptus bawahnya. Pada 1599 mereka mumi salah seorang dari mereka, baru-baru-mati saudara Silvestro dari Gubbio, dan menempatkannya ke dalam katakombe.
Mayat-mayat itu dehidrasi pada rak pipa keramik di katakombe dan kadang-kadang kemudian dicuci dengan cuka. Beberapa mayat dibalsem dan lain-lain tertutup dalam lemari kaca tertutup.Para bhikkhu yang diawetkan dengan pakaian sehari-hari mereka dan kadang-kadang dengan tali mereka telah dipakai sebagai penebusan dosa.


Awalnya katakombe hanya dimaksudkan untuk para biarawan mati.Namun, dalam abad-abad berikutnya menjadi simbol status untuk dimakamkan ke dalam katakombe Kapusin. Dalam surat wasiat mereka, tokoh-tokoh lokal akan meminta harus dipertahankan dalam pakaian tertentu, atau bahkan untuk memiliki pakaian mereka berubah secara berkala. Para imam mengenakan jubah ulama mereka, yang lain berpakaian menurut mode kontemporer.Kerabat akan mengunjungi untuk mendoakan almarhum dan juga untuk menjaga tubuh dalam kondisi rapi.
Katakombe dipertahankan melalui sumbangan dari keluarga almarhum. Setiap badan baru ditempatkan di ceruk sementara dan kemudian ditempatkan ke tempat yang lebih permanen. Selama kontribusi melanjutkan, tubuh tetap di tempat yang tepat tetapi ketika kerabat tidak mengirim uang lagi, tubuh itu menyisihkan di rak sampai mereka kembali pembayaran. Hal ini Catacomb Capuchin menjadi Goa yang sangat mengerikan.


7. Restoran Bawah Laut


Restoran Bawah Laut Maladewa adalah Restoran yang sengaja dibuat di kedalaman 16 kaki atau sekitar 8 meter di bawah permukaan laut.
Tujuannya agar pengunjung bisa bersantap sambil menikmati pemandangan bawah laut dari Samudra Hindia.
Terbuat dari kaca dan akrilik, Ithaa memang menawarkan pemandangan bawah laut yang sensasional. Pengunjung bisa melihat ikan-ikan lewat hampir di segala sudut ruangan.
Gak cuma asik buat makan, restoran ini juga bisa jadi objek foto buat pengunjung yang hobi fotografi. Yang jelas jangan bandingkan restoran ini dengan terowongan yang ada di Seaworld. Jauh banget bedanya.
Para pengunjung juga gak usah takut bocor. Soalnya restoran ini menggunakan akrilik khusus setebal 125 milimeter. Ada lima akrilik berbentuk melengkung yang disambung dengan lem silikon khusus.
Proyek yang memakan biaya 5 juta dolar US ini jelas bukan restoran kelas bawah. Apalagi ‘jabatannya’ sebagai restoran bawah laut pertama di dunia.Jadi kalau loe berminat ke sana, siapin isi dompet dan limit kartu kredit yang banyak ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar